Bilangan Dalam Komputer

Bilangan-Bilangan Pada Komputer Bilangan pada komputer itu ada 4 macam tapi masing-masing memiliki ciri yang berbeda satu sama lain selain nama tentunya buat teman yang belum tau atau yang sudah kenal berikut ini jenis bilangan-bilangannya :

Desimal

Desimal adalah bilangan yang disusun oleh (10) angka atau lambang. Lambang tersebut adalah D = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, ... }.
Sistem bilangan Desimal disebut juga bilangan berbasis 10. Ciri angka pada pada bilangan Desimal adalah sebagai berikut:
misal angka 100 di akhir : des ,10 ,D contohnya : 100 des ,100 10 ,100 D

Okta

Okta adalah bilangan yang berbasis (8), pada sistem bilangan ini terdapat 8 lambang atau angka, yaitu: O = { 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, ... }.
ciri bilangan yang menggunakan Okta adalah sebagai berikut:
Bilangan selalu diakhiri dengan okt, 8, O. contoh : 123 okt ,123 8, 123 O

Hexadecimal

Sebuah bilangan yang berbasis Enam Belas (16) meski bilangan biner secara fisik bekerja pada sistem digital dan
komputer namun hexadesimal bisa mempresentasikan data menggunakan format bilangan hexadesimal karna
formatnya lebih praktis,mudah dibaca dan mempunyai kemungkinan timbul kesalahan lebih kecil.
Penerapan format bilangan Hexadesimal banyak digunakan pada penyajian lokasi memory ,lokasi isi memory ,kode intruksi lambang
,dan kode yang mempresentasikan alfanumerik dan karakter nonnumerik. bilangan ini terdapat huruf A, B, C, D, E, dan F.
Berikut ini lambangnya: H = { 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F, ... }. Dan ini ciri bilangannya : hek, 16 , H .Contohnya 7 hek,7
16 ,7 H

Biner

untuk memproses karakter, maka karakter (yang meliputi huruf, angka,sistem digital hanya mengenal dua logika, yaitu 0 dan 1.
Logika 0 biasanya mewakili kondisi mati dan logika 1 mewakili kondisi hidup. Pada sistem bilangan biner, hanya dikenal dua lambang, yaitu 0 dan 1.
Karena itu, sistem bilangan biner paling sering digunakan untuk merepresentasikan kuantitas dan mewakili keadaan dalam sistem digital maupun sistem komputer.
Digit bilangan biner disebut binary digit atau bit. Empat bit dinamakan nibble dan delapan bit dinamakan byte.
Sejumlah bit yang dapat diproses komputer untuk mewakili suatu karakter (dapat berupa huruf, angka atau lambang khusus) dinamakan word.
Sebuah komputer dapat memproses data satu word yang terdiri dari 4 sampai 64 bit.
Sebagai contoh, sebuah komputer yang menggunakan mikroprosesor 32 bit dapat menerima, memproses, menyimpan dan mengirim data atau instruksi dalam format 32 bit.
Pada komputer yang digunakantanda baca dan karakter kontrol) tersebut harus diformat dalam bentuk kode alfanumerik.
Format kode ASCII ( American Standard Code for Information Interchange ) menggunakan format data tujuh bit untuk mewakili semua karakter yang ada termasuk tanda baca dan penanda kontrol.
Dengan menggunakan format tujuh 7 bit tersebut, maka ASCII dapat menanpung 27 = 128 data.
Sistem bilangan biner merupakan sistem bilangan basis dua. Pada sistem bilangan ini hanya dikenal dua lambang, yaitu: B = { 0, 1 }
Ciri suatu bilangan yang menggunakan sistem bilangan biner adalah adanya tambahan subskrip bin atau 2 atau tambahan huruf B di akhir suatu bilangan. 1010011 bin ,1010011 2 ,1010011 B

Demikian postingan saya , meski masih banyak kekurangan semoga nambah pengetahuan teman-teman

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama